Our Service
Category News


News >> Pameran / Exhibition.

Senin, 12 Oktober 2015 - 04:02:13 WIB
Cara Mengikuti Pameran Dagang Internasional Secara Gratis
Diposting oleh : Administrator

Cara Mengikuti Pameran Dagang Internasional Secara Gratis

Banyak yang beranggapan bahwa mengikuti international exhibition / pameran dagang onal di luar negeri memerlukan biaya yang banyak dan hanya dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan yang sudah mapan. Menurut saya justru sebaliknya,


pameran dagang di luar negeri sebaiknya diikuti juga oleh para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (omset ≤ Rp 50 Milyar/tahun) sebagai upaya untuk menembus pasar internasional melalui kerjasama dengan berbagai instansi yang memiliki program dan dana untuk mendukung pertumbuhan dunia usaha, diantaranya: Kementerian Perdagangan; Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah; Kementerian Luar Negeri; Perwakilan RI di luar negeri (KBRI, KJRI, dan KRI); Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia; Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, dan Perdagangan Pemerintah Provinsi; dan KADIN Daerah.

Sebelum pelaku UKM menghubungi pihak-pihak tersebut diatas dan mendapatkan hasil maksimal dari pemeran di luar negeri, ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu:

  1. 1. Mempersiapkan produk yang kompetitif
  • Siap untuk menembus pasar internasional berarti siap juga untuk bersaing dengan produk-produk sejenis di pasar tujuan, oleh karena itu pelaku usaha perlu mencari informasi sebanyak mungkin sebelum memutuskan memasukan produknya ke negara lain.
  • Berdasarkan pengalaman, beberapa pengusaha yang mengikuti pameran di negara lain rupanya hanya bermodal PD (Percaya Diri) sehingga ketika mengikuti pameran, tidak ada satu orangpun yang meminati produknya.
  1. 2. Menentukan jenis pameran yang tepat

Ada beberapa jenis pameran dagang internasional yang perlu diketahui diantaranya:

  • a. Berdasarkan jenis produk (peternakan, pangan, elektronik, bahan bangunan, dll).
  • b. Berdasarkan sasaran (Business-to-Business dan Business-to-Consumers).
  1. 3. Mempelajari prosedur dagang negara tujuan
  • Prosedur perdagangan antar satu negara dengan negara lainnya berbeda karena tiap negara memiliki karakteristik masing-masing. Indonesia sendiri telah memiliki banyak perjanjian perdagangan baik bilateral maupun regional dengan negara lain yang memberikan kemudahan/insentif bagi para pelaku usaha. Hal inilah yang perlu dipelajari lebih dahulu agar dapat mengetahui cost and benefit suatu produk di negara tujuan.
  1. 4. Menyiapkan dokumen perjalanan
  • Kelengkapan dokumen perjalanan baik untuk pribadi maupun barang-barang yang dibawa, mutlak harus dimiliki oleh semua pelaku usaha yang ingin mengikuti pameran di luar negeri.

Setelah semua persiapan dilakukan, maka mulailah menghubungi instansi-instansi terkait yang telah disebutkan diatas melalui surat resmi yang menjelaskan minat untuk mengikuti pameran yang dituju serta menanyakan informasi mengenai fasilitas apa saja yang didapat, tentu saja dengan melampirkan dokumen lengkap seperti profil perusahaan, npwp, dll.

Beberapa fasilitas yang bisa didapat secara gratis oleh para pelaku usaha dalam mengikuti pameran dagang internasional diantaranya adalah: Tiket pesawat pulang-pergi; Akomodasi dan transportasi lokal; Biaya pengiriman barang pameran; Biaya publikasi media massa; Sewa ruang pameran; Konsumsi lokal; Desain stall; bahkan City Tour. Bisa dibilang bahwa semuanya gratis-tis, pelaku usaha tinggal menyiapkan produknya dengan semua peralatan promosinya dan banyak berdoa agar sukses.

Masih kurang Percaya Diri?

Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri memiliki para diplomat-diplomat handal yang secara rutin melakukan kajian ekonomi dan analisa pasar serta memiliki jaringan/akses pelaku-pelaku usaha dan pejabat-pejabat berwenang di tempat mereka ditugaskan, oleh karena itu kalau para pelaku usaha ingin mengetahui kondisi pasar setempat, gambaran umum persaingan usaha, birokrasi, dll, maka yang perlu dilakukan hanyalah meminta informasi tersebut kepada Pejabat Fungsi Ekonomi perwakilan RI di negara tersebut.

Luar biasa, bukan? Semua biaya gratis, masih ditambah lagi dukungan analisa para diplomat Indonesia tanpa perlu membayar mahal konsultan untuk mengetahui kondisi pasar yang dituju. Jadi, tunggu apa lagi? Mari kita jual produk nasional di negara lain.


Keyword : - -





Name:
Email :

Contact
Kota Baru Bandar Kemayoran Blok C4 Jakarta Utara, Indonesia
Phone  : ( 62-21 ) 6414630
Fax      : ( 62-21 ) 6414600
E-mail   : cityneon@cityneon.co.id
Online Service
News Update
Subscribe

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner